Mencari Kedamaian di Hidden Beach

Posted in Travelling
at 2015.05.27

Aceh merupakan tempat 1001 pantai indah. Salah satu pantai yang tersembunyi dan belum terjamah oleh orang banyak, namanya Teluk Jantang, atau nama kerennya sekarang adalah “Hidden Beach”

Pantai ini terletak di Lhoong, Aceh Besar, tepatnya di desa Jantang, Meunasah Krueng Kala Pasie Blang Raya. Butuh waktu sekitar 1 jam lebih kalau berangkat dari Banda Aceh. Tempat detailnya pas di depan tambang bijih besi di Lhoong. Lelaki dan perempuan bisa ke sana, namun harus izin dulu sama orang kampung di sana. Dan ini bukan tempat untuk berduaan dengan lawan jenis.

Kalau ke sini jangan lupa cas baterai kamera atau baterai ponsel kalian sampai penuh. Atau kalau ada power bank jangan lupa anda selipkan di ransel kalian, karena begitu sampai ke sini akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan, sangat disayangkan kalau tidak diabadikan dengan jepretan kamera.

 

LENSIANA.COM

Ini salah satu view-nya

 

Tidak banyak orang tahu tentang anak pantai ini. Tetapi jika kita berdiri di Pantai Blang Pasie, Teluk Jantang Pantai terlihat di balik batu di sebelah kiri. Kita harus mengarahkan kendaraan ke jalan setapak yang ada di sebelah kiri. Karena teluk ini tersembunyi, akses ke pantai ini termasuk sulit. Hanya kendaraan roda dua bisa datang ke sisi kiri ujung pantai.

Dari tempat parkir sepeda motor, kita harus melewati jalan setapak yang berjarak sekitar 100 meter ke Bukit Jantang. Kita harus sedikit mendaki bukit tersebut. Tetapi ini akan terasa sedikit sulit dikala musim hujan, karena jalan setapak ini akan menjadi licin. Setelah itu pengunjung akan naik satu lereng bukit dan di atasnya ada rumput. Dari atas bukit, pengunjung bisa mendengar riak gelombang.

Ini ada beberapa potret yang akan saya suguhkan kepada para pembaca.

LENSIANA.COM...

Jalan Setapak ketika mendaki bukit

LENSAACEH.NET

Ada batu besar di atas bukit

AFNI PULO_LENSIANA.COM

Ini View pantainya dari atas bukit

 

 

Semua kelelahan selama perjalanan dan selama mendaki bukit Jantang akan terbayar setelah kita berada di ujung Teluk, yang bersentuhan langsung dengan garis pantai Teluk Jantang. Akhirnya, kita akan dihadapkan dengan pesona pantai pasir putih yang luar biasa indah dan alami. Semua orang akan senang dengan pemandangan pohon kelapa di sepanjang garis pantai. Tentu saja berenang liar adalah pilihan menyenangkan dari akhir perjalanan.

Namun, lokasi ini bukan tempat yang tepat untuk melakukan olahraga air seperti surfing karena sisi pantai di bawah bukit dan sisi kanan dipenuhi oleh benjolan batu alam dengan ukuran yang besar dan terumbu karang di laut.

LENSIANA.COM_FOTO_AFNI

Pemandangan Pohon Kelapa di sepanjang garis Pantai

Keindahan tersembunyi dari pantai, bisa juga dinikmati oleh para pemancing. Karena di sini banyak tebing yang dengan mudah bisa kita panjat.

LENSIANA.COM

Ini view tebing dari sisi kanan

LENSIANA

Menikmati keindahan alam tidak akan seru kalo sendirian, ajak kawan-kawan kalian, pasti akan sangat menyenangkan.

LENSIANA.COM

Dari atas batu besar

LENSIANA.COM

Bergaya sesekali juga ngga apa-apa kan. Hihihi..

Oke sampai di sini pengalaman pertualangan saya. Satu pesan dari saya “Semua orang tidak akan suka dengan pantai yang kotor, maka jangan tinggalkan apa-apa di sana, kecuali jejak tapak kaki kita”.

 

(Teks & Foto : Afni Rahil Munaras)

Leave a Reply